Facebook Twitter RSS

Ads 468x60px

Rabu, 03 April 2013

Berbuat Baik Kepada Non Muslim

Segala puji bagi Allah yang berfirman :
لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ
Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. (QS al-Mumtahanah : 8)

Dan shalawat serta salam kepada Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wasallam, yang di utus untuk Manusia dan jin, sebagai rahmat bagi alam semesta.
Sesungguhnya Allah mengutus Nabi-Nya Muhammad shallallahu alaihi wasallam sebagai penyeru/da’i bagi seluruh agama dan kepercayaan serta untuk seluruh umat manusia baik bangsa Arab maupun non Arab agar mengikuti jalan Allah. Maka di antara mereka ada yang menerima seruan Islam dan ada pula yang tetap dalam kekafiran.
Setelah Islam mendapatkan kemenangan dan ditaklukkannya negeri-negeri, maka orang-orang beriman memberikan pilihan kepada penduduk negeri yang ditaklukkan dengan dua pilihan :
Menyerah dan Masuk Islam
membayar upeti dan dapat hidup bersama muslimin dalam suasana aman dan dijamin keamanannya.

Maka di antara orang-orang kafir dari kalangan ahli kitab ada yang memilih hidup bersama kaum muslimin dan tetap dalam kekafirannya. Karena mereka mengetahui keadilan Islam dan kebaikan ajarannya yang mengajarkan untuk bergaul baik dengan non muslim.


NABI MENGAJARKAN AGAR MUSLIM BERBUAT BAIK KEPADA NON MUSLIM


Di dalam kitab shahih al-Bukhari, terdapat hadits yang diceritakan oleh Abdullah bin Amru radhiyallahuanhuma dari Nabi shallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda :
مَنْ قَتَلَ مُعَاهَدًا لَمْ يَرَحْ رَائِحَةَ الْجَنَّةِ وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ أَرْبَعِينَ عَامًا

“Barangsiapa membunuh muahad2 dia tidak akan mencium bau surga, padahal baunya dapat tercium sejarak empat puluh tahun.” (Shahih al-Bukhari 3166)


Hadits di atas merupakan ancaman keras dan peringatan agar tidak berbuat zalim terhadap orang kafir yang telah mengadakan perjanjian dan di jamin keamanannya oleh penguasa maupun seorang muslim.


AKHLAK NABI DALAM BERGAUL DENGAN NON MUSLIM


Nabi menjenguk anak Yahudi yang sakit


Dari Anas radhiyallahuanhu :
أَنَّ غُلَامًا لِيَهُودَ كَانَ يَخْدُمُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَمَرِضَ فَأَتَاهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعُودُهُ فَقَالَ: أَسْلِمْ فَأَسْلَمَ

“Seorang anak muda Yahudi yang menjadi pembantu Nabi sakit, lalu Nabi menjenguknya, kemudian beliau bersabda : Masuk Islamlah!” anak muda itupun masuk Islam.(Shahih al-Bukhari 6757)


Hadits di atas menunjukkan :


Diperbolehkannya menjadikan orang musyrik sebagai pembantu/pegawai


Menjenguknya saat dia sakit


Bermuamalah baik dengan non muslim yang terikat perjanjian dengan muslim


Diperbolehkannya memperkerjakan anak muda belia


Mengajak anak yang muda belia masuk Islam3


Mendoakan orang kafir agar mendapatkan petunjuk


Dari Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahuanhu, ia berkata :


كَانَ الْيَهُودُ يَتَعَاطَسُونَ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَرْجُونَ أَنْ يَقُولَ لَهُمْ يَرْحَمُكُمْ اللَّهُ فَيَقُولُ يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ 


Orang-orang Yahudi bersin di sisi Nabi dengan keinginan agar Nabi mendoakan kebaikan bagi mereka : yarhamukallah (Semoga rahmat Allah tercurah atasmu), maka Nabi mendoakan : yahdikumullah wayuslihu baalakum (semoga Allah memberi petunjuk dan memperbaiki keadaan kalian). (Sunan Abu Daud 5152)
Bertetangga dengan baik

Perintah untuk memperhatikan keadaan tetangga dan berbuat baik kepada mereka adalah perintah secara umum, baik mereka muslim, yahudi atau nasrani.


Dari Ibnu Umar radhiyallahuanhuma, ia berkata : Rasulullah shallallahualaihiwasallam bersabda :


ماَزَالَ جِبْرِيْلُ يُوْصِيْنِي بِالْجَارِ حَتىَّ ظَنَنْتُ أَنَّه سَيُوَرِّثُهُ


“Jibril senantasa memberi wasiat padaku agar memperhatikan keadaan tetangga, sampai aku mengira dia akan menjadikan tetanggga sebagai ahli waris4.” (HR al-Bukhari dan Muslim)


Sahabat Nabi lainnya, yaitu Abdullah bim Amru bin Ash radhiyallahuanhuma memahami perintah untuk berbuat baik pada tetangga ini adalah perintah kepada tetangga muslim maupun non muslim.


Dari Mujahid, dia berkata :


كُنْتُ عِنْدَ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرُو، وَغُلَامُهُ يَسْلُخُ شَاةً، فَقَالَ : ياَ غُلاَمُ ! إِذَا فَرَغْتَ فَابْدَأْ بِجَارِنَا اليَهُوْدِي، فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ الْقَوْمِ : اليَهُوْدِيُّ ؟ أَصْلَحَكَ اللهُ ! قَالَ : إِنِّي سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوْصِي بِالْجَارِ حَتَّى خَشَيْنَا ـ أَوْ رُؤِيْنَا ـ أَنَّهُ سَيُوَرِّثُهُ


Aku pernah berada di dekat Abdullah bin Amru – dan saat itu budaknya sedang menguliti kambing – lalu dia berkata : “Wahai anak, jika engkau selesai menguliti berikan kepada tetangga Yahudi kita!” lalu ada seorang berkata : “Engkau mau memberi kepada seorang Yahudi? Semoga Allah memperbaiki keadaanmu!” Abdullah menjawab : Aku mendengar Nabi shallallahu alaihi wasallam memberi wasiat agar berbuat baik kepada tetangga sampai kami khawatir beliau menjadikan tetangga sebagai ahli waris.(al-Adab al-Mufrod 128)


Makna kata “tetangga”


Ibnu Hajar berkata : “Tetangga itu meliputi muslim atau kafir, ahli ibadah atau orang fasik, kawan atau lawan, penduduk negeri atau orang asing, orang yang bermanfaat maupun yang mengganggu, karib kerabat maupun bukan, yang dekat rumah maupun yang jauh.”


Mendoakan dan tidak melaknat orang kafir.


Jika kita mengamati akhlak Nabi, beliau tidak pernah melaknat non muslim yang tidak memerangi Islam dan muslimin, adapun terhadap non muslim yang memerangi Islam dan muslimin beliau pernah mendoakan laknat atas mereka.


Dari Abu Hurairah radhiyallahuanhu, dia berkata : Ditanyakan kepada Nabi : Wahai Rasulullah! Doakanlah kebinasaan atas orang-orang musyrik. Beliau menjawab :


إِنِّي لَمْ أُبْعَثْ لَعَّانًا، وَإِنَّمَا بُعِثْتُ رَحْمَةً


“Aku tidak di utus untuk melaknat, sesungguhnya aku di utus sebagai rahmat.”


Bahkan terkadang Nabi membalas orang yang mendzaliminya tanpa mengucapkan ucapan keji maupun laknat.


Dari Aisyah radhiyallahuanha, ia bercerita : Sekelompok orang Yahudi menemui Nabi lalu mereka berkata : “Assamu alaika (racun bagimu wahai muhammad)!” Aisyah berkata : Aku mengerti ucapan jelek itu, lalu aku balas : “Wa alaikumussam wallaknah (Racun dan laknat untuk kalian)”. Kemudian Rasulullah shallallahualaihiwasallam bersabda :


مَهْلًا يَا عَائِشَةُ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الرِّفْقَ فِي الْأَمْرِ كُلِّهِ


“Tenang wahai Aisyah, sesungguhnya Allah menyukai kelembutan dalam seluruh perkara.”


Aku katakan : Wahai Rasulullah, tidakkah engkau mendengar apa yang mereka katakan? Rasulullah shallallahualaihiwasallam menjawab :


قَدْ قُلْتُ : وَعَلَيْكُمْ


“Bukankah aku telah menjawabnya : wa alaikum (dan bagi kalian)” (HR al-Bukhari dan Muslim)


Membalas penghormatan dan cara menjawab salam orang kafir.


Adapun jika orang Yahudi dan Nashara mengucapkan salam atas seorang muslim dengan salam yang tidak terdapat padanya doa kejelekan, maka di syariatkan baginya membalas penghormatan itu. Hal ini berdasarkan firman Allah :


وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ حَسِيبًا


Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu. Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu. (an-Nisa : 86)
Asy-syaikh al-Albani rahimahullah, seorang ulama hadits abad ini menjelaskan tentang bagaimana cara menjawab salam orang kafir dan apakah boleh memulai salam terhadap orang kafir.
Setelah menyebutkan hadits Nabi :

لَا تَبْدَؤُوْا الْيَهُودَ وَلَا النَّصَارَى بِالسَّلَامِ فَإِذَا لَقِيتُمْ أَحَدَهُمْ فِي طَرِيقٍ فَاضْطَرُّوهُ إِلَى أَضْيَقِهِ


“Jangan kalian memulai Yahudi dan Nashara dengan salam, dan jika kalian bertemu salah seorang dari mereka di sebuah jalan, maka paksalah dia ke tempat yang paling sempit.”


asy-Syaikh al-Albani berkata :


Pernah kami bertemu dengan para sahabat kami dari kalangan ahli hadits, lalu ada yang menyampaikan pertanyaan tentang bolehnya memulai salam kepada orang kafir, maka saya jawab tidak boleh berdasarkan hadits di atas.


Lalu salah seorang dari mereka mengungkapkan pendapatnya tentang hadits itu bahwa larangan pada hadits itu hanyalah jika bertemu orang kafir di jalan, adapun jika saat datang ke tokonya atau rumahnya maka tidak ada larangan memulai salam terhadap orang kafir!


Maka terjadilah dialog yang lama, dan pendapat saya saat itu adalah : sabda Nabi “janganlah kalian memulai salam” adalah mutlak saat bertemu orang kafir di mana saja dan tidak terbatas hanya di jalan.


Lalu setelah itu saya mendapati beberapa riwayat yang menguatkan pendapat saya tadi :

Ucapan Suhail bin Abi Shalih :


خَرَجْتُ مَعَ أَبِي إِلَى الشَّامِ، فَكَانَ أَهْلُ الشَّامِ يَمُرُّوْنَ بِأَهْلِ الصَّوَامِعِ فَيُسَلِّمُوْنَ عَلَيْهِمْ، فَسَمِعْتُ أَبِي يَقُوْلُ : سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُوْلُ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ ….”فَذَكَرَهُ.


Aku pernah pergi bersama ayahku ke negeri Syam5, dan penduduk Syam jika melalui tempat peribadatan ahli kitab mengucapkan salam kepada mereka. Lalu aku mendengar ayahku berkata : Aku pernah mendengar Abu Hurairah berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda : “Jangan kalian memulai Yahudi dan Nashara dengan salam…” Periwayat hadits menyebutkan hadits itu. (HR Ahmad dan Abu Daud)


Periwayat hadits itu adalah Abu Shalih, nama aslinya adalah Dzakwan, seorang tabi’in (murid dari sahabat Nabi Abu Hurairah) yang terpercaya dalam penyampaian hadits Nabi.


Dalam hadits ini jelas sekali menerangkan bahwa larangan memulai mengucapkan salam kepada ahli kitab itu mutlak/dimana saja dia berada, sekalipun dia berada di rumahnya.


Dari Abu Utsman an-Nahdi, ia berkata :


كَتَبَ أَبُو مُوْسَى إِلَى دِهْقَانَ يُسَلِّمُ عَلَيْهِ فِي كِتَابِهِ، فَقِيْلَ لَهُ : تُسَلِّمُ عَلَيْهِ وَهُوَ كَافِرٌ؟! قاَلَ : إِنهُ كَتَبَ إِلَيَّ فَسَلَّمَ عَلَيَّ، فَرَدَدْتُ عَلَيْهِ


Abu Musa al-Asyari (sahabat Nabi) menulis surat kepada Dihqan6 dengan mengucapkan salam padanya. Lalu ditanyakan padanya : “Apakah engkau mengucapkan salam padanya sedangkan dia seorang kafir?” Abu Musa menjawab : “Dia menulis surat dan mengucapkan salam kepadaku, maka akupun membalas salamnya.” (HR al-Bukhari dalam kitab Adabul Mufrod 1101)


Pertanyaan kepada Abu Musa : “Apakah engkau mengucapkan salam padanya sedangkan dia seorang kafir?” menunjukkan bahwa memulai salam kepada orang kafir adalah suatu hal yang sudah diketahui dikalangan mereka bahwa hal itu tidak boleh secara umum, dan bukannya khusus jika bertemu di jalan saja. Oleh karena itu penanya mengingkari salam yang dilakukan oleh Abu Musa al-Asyari. Dan Abu Musa pun membenarkan pendapat itu, dan dia menjelaskan bahwa salam yang dilakukannya adalah sebagai balasan dari salam Dihqan, dan bukan memulainya.


Dalam surat Nabi kepada Heraclius, Kaisar Romawi.


Nabi tidak memulainya dengan mengucapkan salam padanya. Nabi mengucapkan :


سَلاَمٌ عَلىَ مَنِ اتَبَعَ الْهُدَى


“Kesejahteraan atas mereka yang mengikuti petunjuk”


Seandainya larangan dalam sabda Nabi “Jangan kalian memulai Yahudi dan Nashara dengan salam” adalah secara khusus jika bertemu di jalan, pastilah Nabi mengucapkan pada Heraclius “assalamualaikum” (semoga kesejahteraan atasmu).


Dalam hadits saat Nabi menjenguk anak Yahudi, pembantunya :


Dari Anas radhiyallahuanhu : “Seorang anak muda Yahudi yang menjadi pembantu Nabi sakit, lalu Nabi menjenguknya, kemudian beliau bersabda : Masuk Islamlah!” anak muda itupun masuk Islam.


Seandainya larangan memulai salam kepada non muslim hanya di jalan, tentulah Nabi akan memulai salam saat menjenguk anak itu.


Saat Nabi menjenguk pamannya Abu Thalib yang musyrik.


Saat akan meninggal dunia, Abu Thalib dijenguk oleh Nabi. Namun beliau tidak memulai mengucapkan salam padanya.


SALAM ADALAH SALAH SATU NAMA ALLAH


Maka dari riwayat-riwayat hadits di atas, jelaslah bahwa memulai salam kepada Yahudi dan Nashara tidak diperbolehkan secara mutlak, baik saat di jalan, di rumah maupun di tempat lainnya. Jika ada pertanyaan, apakah boleh memulai menyapa non muslim dengan ucapan selain salam seperti : Bagaimana keadaanmu pagi ini atau sore ini, atau bagaimana keadaanmu dan semisalnya?


Saya (asy-Syaikh al-Albani) menjawab : Saya berpendapat diperbolehkan, namun Allah-lah yang lebih mengetahui kebenarannya. Karena larangan dalam hadits itu berkaitan dengan salam, yaitu salam islami (assalamualaikum), yang terkandung nama Allah, sebagaimana dalam sabda Nabi :


السَّلاَمُ اِسْمٌ مِنْ أَسْمَاءِ اللهِ وَضَعَهُ فِي الأَرْضِ فَأَفْشُوْهُ بَيْنَكُمْ


“As-Salam adalah salah satu dari nama Allah, Dia meletakkannya di bumi, oleh karena itu sebarkanlah “as-Salam” di antara kalian.” (HR al-Bukhari dalam kitab al-Adab al-Mufrod 989)


Maka, itulah salam Islami yang hendaknya setiap muslim menyebarkannya.


MENJAWAB SALAM NON MUSLIM DENGAN ‘WA ALAIKUMUSSALAM’


Apakah boleh menjawab salam non muslim dengan jawaban : wa alaikumussalam?


Asy-Syaikh al-Albani menjawab : Saya menyatakan boleh, dengan syarat salam yang di ucapkan non muslim di sampaikan dengan fasih dan jelas, tidak seperti yang dilakukan oleh Yahudi ketika salam kepada Nabi : as-Saam alaika (racun bagimu). Maka Nabi memerintahkan untuk menjawab dengan jawaban : wa alaikum (dan bagimu juga).


Maka diperbolehkan menjawab salam semisal jika terpenuhi syaratnya, yaitu fasih dan jelas. Dan saya menguatkan pendapat ini dengan dalil berikut ini :


Pertama : Sabda Nabi shallallahualaihiwasallam


إِنَّ الْيَهُودَ إِذَا سَلَّمَ عَلَيْكُمْ أَحَدُهُمْ فَإِنَّمَا يَقُولُ السَّامُ عَلَيْكُمْ فَقُولُوا وَعَلَيْكَ


Sesungguhnya orang Yahudi jika salah seorang dari mereka mengucapkan salam pada kalian, dia mengatakan assam alaika (racun bagimu), maka ucapkanlah wa alaika (dan bagimu juga). (HR al-Bukhari dan Muslim)


Perintah Nabi untuk menjawab semisal, menunjukkan jika mereka mengucapkan “Assalaamu alaika” maka di jawab dengan semisal “wa alaikas salam”. Dan hal ini dikuatkan dengan ayat al-Qur’an di bawah ini.


Kedua : firman Allah :


وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا


Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu. (QS an-Nisa : 86)


Perintah dalam ayat ini adalah secara umum, kepada muslim maupun non muslim. Sebagaimana dikuatkan pendapat ini dengan hadits dari Ibnu Abbas dia berkata :


رُدُّوْا السَّلاَمَ عَلىَ مَنْ كَانَ يَهُوْدِياً أَوْ نَصْرَانِياً أَوْ مَجُوْسِيًا ذَلِكَ بِأَنَّ اللهَ يَقُوْلُ:” وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا


“Balaslah salam orang Yahudi atau Nasrani atau Majusi, karena Allah berfirman : Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu.”


Dan dalil terakhir yang menguatkan hal ini, firman Allah :


لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ


Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. (QS al-Mumtahanah : 8)
Ayat ini dengan jelas menerangkan perintah untuk berbuat baik kepada non muslim yang hidup berdamai dan tidak mengganggu orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan juga perintah untuk berbuat adil kepada mereka.

Maka jika salah seorang non muslim mengucapkan salam “assalamu alaikum” lalu kita hanya menjawabnya dengan ucapan “wa alaika” maka ini bukanlah bentuk keadilan dan tidak pula kebaikan yang diperintahkan Allah. Karena kita menyamakannya dengan orang non muslim yang mengucapkan “assaamu alaika” (racun bagimu). Dan ini merupakan kezaliman, wallahu ‘alam (Allah yang lebih mengetahui kebenaran hal ini.)


Demikianlah, pendapat asy-Syaikh al-Albani dalam masalah ini.